19.10.16

Microsoft Word dari Masa ke Masa

Image result for Microsoft Word

1. PENGERTIAN
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word.
 3. SEJARAH MICROSOFT WORD 

Pada tahun 1981, Microsoft menggaet Charles Simonyi, pengembang utama dari Bravo, yang pertama GUI pengolah kata, yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Simonyi mulai bekerja pada sebuah pengolah kata disebut Multi-Tool Word dan segera menggaet Richard Brodie, seorang mantan Xerox magang, yang menjadi insinyur perangkat lunak utama. Microsoft Word 5.0 untuk DOS versi 1.0 – 4.0 memiliki antarmuka pengguna yang sama. Microsoft mengumumkan Multi-Alat Word untuk Xenix dan MS-DOS pada tahun 1983.

Namanya segera disederhanakan untuk Microsoft Word. salinan demonstrasi gratis dari aplikasi yang dibundel dengan edisi November 1983 PC World, sehingga program pertama untuk didistribusikan on-disk dengan majalah. Tidak seperti kebanyakan program MS-DOS pada waktu itu, Microsoft Word dirancang untuk digunakan dengan mouse, dan itu dapat menampilkan beberapa format, seperti tebal, miring, dan menggarisbawahi teks, meskipun tidak bisa membuat font .itu awalnya tidak populer, karena antarmuka pengguna berbeda dengan pengolah kata terkemuka pada waktu itu, WordStar. Namun, Microsoft terus meningkatkan produk, merilis versi 2.0 melalui 5.0 selama enam tahun ke depan.
  Pada tahun 1985, Microsoft Word porting ke Macintosh. Ini dibuat lebih mudah oleh kenyataan bahwa Firman untuk DOS telah dirancang untuk digunakan dengan tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun tidak ada yang belum tersedia untuk masyarakat umum. Mengikuti preseden LisaWrite dan MacWrite, Word untuk Mac menambahkan fitur WYSIWYG "What You See Is What You Get", dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya. 
Setelah rilis, Word untuk penjualan Mac lebih tinggi daripada rekan MS-DOS untuk setidaknya empat tahun. Pelepasan kedua Word untuk Macintosh, dikirim pada tahun 1987, bernama Word 3.0 untuk menyinkronkan nomor versinya dengan Word untuk DOS, ini adalah usaha pertama Microsoft untuk sinkronisasi nomor versi di seluruh platform. Word 3.0 termasuk berbagai perangkat tambahan internal dan fitur baru, termasuk implementasi pertama dari spesifikasi Rich Text Format (RTF), namun terganggu dengan bug. Dalam beberapa bulan Word 3.0 digantikan oleh Word, lebih stabil 3.01 yang dikirim bebas untuk semua pengguna terdaftar 3.0. Setelah MacWrite, Word untuk Mac tidak pernah punya saingan serius pada Mac. Word 5.1 untuk Macintosh, dirilis pada tahun 1992, merupakan pengolah kata yang sangat populer karena keanggunan, relatif mudah penggunaan dan fitur ditetapkan.
Banyak pengguna mengatakan versi yang terbaik dari Word for Mac yang pernah dibuat. Pada tahun 1986, perjanjian antara Atari dan Microsoft Word untuk membawa Atari ST dengan nama Microsoft Write. Versi Atari ST adalah pelabuhan 1.05 Word untuk Macintosh Apple dan tidak pernah diupdate.
 2.  PERKEMBANGAN TAMPILAN MICROSOFT WORD
Image result for microsoft word 1990
Microsoft Word 1990

Image result for microsoft word 2000
Microsoft word 2000
Image result for microsoft word 2001
Microsoft Word 2001
Image result for microsoft word 2002
Microsoft Word 2002
Image result for microsoft word 2003
Microsoft Word 2003
Image result for microsoft word 2007
Microsoft Word 2007

Image result for microsoft word 2010
Microsoft Word 2010

Image result for microsoft word 2013
\Microsoft Word 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar